Rabu, 11 Januari 2017

Strategi Pemasaran Usaha Percetakan

Sebagaimana kita ketahui diera serba digital saat ini bahwa bisnis percetakan digital makin berkembang pesat, bagi para konsumen pastinya ini merupakan kabar baik bagi mereka, tidak perlu repot2 atau jauh2 mencari, karena usaha percetakan pastinya sudah tersebar dimana2, para konsumen juga dapat memilih mana yang lebih murah dan berkualitas hasil cetakannya.


Nah.. Berbeda bagi para pemilik usaha percetakan digital, ini pastinya akan menjadi kabar buruk bagi mereka, sudah dapat dipastikan persaingan makin ketat dan keuntungan akan berkurang. Apalagi bagi yang ingin memuliai usaha percetakan digital, pastinya mereka akan berpikir dua kali untuk menjalankannya.

Keuntungan dari bisnis percetakan digital seperti contohnya usaha percetakan undangan pernikahan, percetakan foto digital, percetakan brosur, spanduk, kartu nama ataupun usaha percetakan kaos digital. Contoh bisnis2 percetakan digital tersebut memiliki keuntungna yang sangat BESAR bila kita berhasil dalam menjalankannya. Maka dari itu, bisnis percetakan digital makin tahun makin berkembang pesat walaupun sudah banyak persaingannya !!

Inilah keunikan dari bisnsi percetakan digital,, untuk dapat berhasil memenangkan persaingan, maka dibutuhkan STRATEGI Pemasaran bisnis percetakan yang jitu dan niat yang kuat dalam menjalankannya !

Didalam Usaha Apapun, salah satu usaha penting yang menentukan KEBERHASILAN adalah STRATEGI !! untuk itu bagi kamu para pemilik usaha percetakan ataupun yang ingin memulai usaha digital printing dibutuhkan strategi, kalau tidak bersiaplah untuk Gulung Tikar !!

Nah,,Lalu pastinya kamu bertanya-tanya, Strategi Pemasaran apa yang harus dilakukan? Bagaimana caranya? Oke,,Berikut Stategi yang dapat kita lakuakan agar dapat bersaing di dunia percetakan yang semakin ketat !!

1. Tips Pertama agar kita bisa menang dalam persaingan bisnis percetakan ini adalah KUALITAS hasil produksi, segencar apapun promosi yang kita lakukan, bila hasil cetakan kurang memuaskan pastinya pelangan akan kecewa.

Agar dapat memenuhi kualitas hasil cetakan yang baik yang diinginkan konsumen, kita perlu suatu Strategi yang Kreatif. Contohnya adalah sebagai berikut :

a. Memberikan bonus menarik. Strategi kreatif ini sangat ampuh untuk mendapatkan banyak konsumen, karena dengan memberi bonus yang menarik, maka mereka pastinya akan senang dan pada akhirnya akan menjadi pelanggan tetap kamu.

b. Memperbanyak atau memperlengkap koleksi-koleksi desain yang terbaru, unik dan menarik buat usaha percetakan kamu. Seperti misalnya usaha sablon kaos digital, konsumen biasanya terlebih dahulu akan memilih desain kaos pilihannya, Nah..Apabila koleksi desain kaos kita sangat lengkap, terbaru atau lebih baik lagi ada desain-desain unik atau kreatif buatan kita, pastinya konsumen akan senang karena mendapatkan banyak pilihan desain. Untuk koleksi template desain kaos distro terbaru dan terlengkap bisa lihat di toko online saya di www.templatedesainkaos.com

Begitupula dengan usaha percetakan undangan, kalau toko percetakan kita memiliki banyak kumpulan koleksi desain undangan yang menarik dan lengkap pastinya akan menjadi pilihan konsumen. Untuk kumpulan template desain undangan pernikahan bisa lihat di postingan saya sebelumnya disini koleksi desain undangan pernikahan

c. Memperlengkapi usaha percetakan kamu dengan usaha sejenis. Maksudnya adalah kamu dapat menggabungkan usaha percetakan dengan usaha yang berhubungan. Misalnya usaha cetak foto digital ditambah dengan usaha cetak fotocopy, julan bingkai foto, jual kertas, buku, pulpen atau juga bisa dengan menggabungkan dengan jualan pulsa elektrik.

Untuk contoh usaha kreatif lainnya adalah seperti usaha studio foto mini. Untuk infonya bisa lihat tulisan saya sebelumnya berikut Memulai usaha studio foto mini

d. Membuat hasil produksi semaksimal mungkin agar hasil yang didapat lebih bagus dari pesaing-pesaing sejenis, misalanya usaha cetak foto dengan printer yang terbaik untuk mencetak foto, atau untuk usaha sablon kaos digital dengan peralatan cetak terbaik seperti printer DTG dan lainnya.

Nb. Kamu tidak perlu membanting harga untuk mendapatkan banyak pelanggan, sebab pada kenyataannya adalah konsumen lebih memilih kualitas daripada harga.

2. Lokasi usaha percetakan, untuk lokasi atau tempat usaha juga sangat penting untuk dapat mendapatkan konsumen, kalau bisa carilah tempat usaha yang berdekatan dengan sekolah, kantor instansi pemerintahan, atau juga tempat yang banyak orang berlalu-lalang.

Nah..lalu bagaimana bila lokasi toko kita tidak strategis seperti diatas atau lebih parahnya lagi diderah tersebut sudah ada pesaing-pesaing yang lebih tangguh !!

Untuk solusinya adalah kamu bisa memanfaatkan jaringan jejaring sosial internet seperti Facebook, twitter, forum2 dan lainnya. Serta kamu juga dapat menerapkan strategi berikut yaitu dengan memperbanyak kenalan kamu di kantor-kantor yang membutuhkan percetakan, misalanya kantor instansi pemerintahan, pastinya mereka membutuhkan jasa percetakan yang tidak sedikit. Cara ini lebih efektif dan lebih baik ketimbang mendapatkan tempat yang strategis tetapi harga sewanya mahal.

3. Mencari Koneksi untuk usaha percetakan kamu. Menyambung pembahasan diatas, dengan memperbanyak kenalan kamu di instansi-instansi pemerintahan yang membutuhkan banyak jasa percetakan. Nah..apabila koneksi kamu ada, selanjutnya kamu harus terbiasa membuat proposal untuk mempromosikan usaha percetakan kamu ke instansi pemerintaahn lainnya. Insatasi pemerintahan biasanya memang jarang memesan ke jasa percetakan, tapi apabila proposal dan promosi kamu berhasil, maka kamu pastinya akan mendapat orderan yang lumayan banyak, karena instansi pemerintahan pastinya membutuhkan jasa percetakan yang lumayan banyak.

4. Kamu juga dapat memberikan potongan harga kepada teman ataupun koneksi kamu bila memesan dalam jumlah yang banyak. Stategi ini sangat ampuh membuat mereka senang dengan pelayanan kamu hingga akhirnya mereka kembali melalukan order pememesan.



Sumber :
https://hargaprinterepson.blogspot.co.id/2014/04/strategi-pemasaran-bisnis-percetakan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar