Jumat, 23 Desember 2016

Mengenal Mesin Cetak

Pengertian Cetak
            Mencetak yaitu suatu proses memperbanyak salinan dari original yang sama atau dengan kata lain proses memperbanyak suatu cetakan dari acuan cetak dengan member tinta dan dialihkan ke permukaan bahan cetak (kertas) dengan bantuan tekanan. Adapun perlengkapan dan bahan dasar  dalam teknik cetak , yaitu :
  1. Pelat
Pelat, adalah acuan cetak dimana gambar yang akan di cetak diletakan, merupakan lembaran aluminium yang di beri lapisan peka cahaya, ketika di sinari, bagian kena cahaya akan mengeras positif dan negative sebaliknya.
  1. Blanket
Blanket adalah Kain karet yang berfungsi untuk memindahkan gambar/ teks dari pelat ke kertas melalui tekanan.
  1. Tinta
Tinta adalah zat pewarna yang berfungsi untuk membuat image dalam bidang cetak. Dalam teknik cetak warna yang digunakan sebagai warna dasar adalah merah, biru, kuning, dan hitam.
  1. Kertas
Kertas adalah material utama dalam cetak , ia tidak stabil dan dapat berubah karena banyak factor.
Proses pembuatan produk di suatu perusahaan percetakan sangat mengutamakan adanya kualitas , karena produk yang dihasilkan akan dinikmati oleh manusia. Dengan demikian produk yang dihasilkan harus benar-benar bermutu bagus dan membutuhkan penelitian dan analisa yang sangat teliti dan hati-hati.


Mesin Cetak Ryobi
Pada umumnya mesin cetak untuk koran, buku atau majalah di bagi menjadi 2 tipe mesin nya, yaitu sheet press dan web press, yang membedakan adalah jenis pemakaian kertas nya saja, jika pada sheet press kertas sudah terpotong dalam bentuk lembaran yang disusun yang kemudian akan diproses untuk dicetak, sedang pada web press kertas masih dalam bentuk rol atau gulungan besar dimana proses pemotongan hasil pencetakan ada di akhir cetakan melalui pisau potong yang ada di mesin tersebut.
Sedang untuk proses mencetaknya kurang lebih sama, sebelum proses mencetak dimulai, biasanya terlebih dahulu dibuat pembuatan pelat (seperti lembaran seng) yang berfungsi sebagai citra atau image yang nantinya akan dicetak/dikonversikan ke media kertas. Pelat yang sudah di buat tersebut nantinya dimasukkan kedalam mesin cetak yang akan digunakan, banyak nya pelat tergantung dari hasil warna yang diinginkan, biasanya warna yang digunakan adalah cyan, magenta, yellow, black. Pada jenis mesin sheet khususnya mesin RYOBI 920 susunan warna  di susun dengan susunan black, cyan, magenta, yellow.

Feeder unit: 
Tempat dimana untuk meletakan kertas dan pada sisi inilah tahap persiapan awal dimulai, kertas disusun atau dimasukkan pada bagian feeder dan di letakan pada meja pile feeder

Inking unit : 
Di sinilah tinta berada, tepatnya tinta diletakan pada bak tinta. Unit penintaan juga merupakan serangkaian peralatan dan rol-rol penintaan untuk proses penintaan pada silinder pelat kemudian di transfer ke silinder blangket, selanjutnya ke media berupa kertas, system penintaan yang di pakai yaitu system continuous.

Dempening unit :
Sebagai system pengairan yang gunanya untuk membasahi pelat cetak secara merata dan tipis, yang nantinya pada waktu proses pencetakan atau terjadi proses tolak menolak antara air dan tinta.

Printing unit :
Setelah kertas ter isi pada bagian feeder maka dengan otomatis kertas akan bergerak maju ke bagian printing unit, disini kertas akan di cetak, pada bagian ini terisi tinta yang akan di gunakan untuk mencetak dimana tinta akan ditransfer melalui roll-roll penghantar yang nanti nya akan menyentuh pelat (lembaran seng) sehingga citra atau image akan di teruskan ke media blanket lalu dicetak ke media kertas. Printing unit ini bisa lebih dari 1 tergantung kebutuhan/ warna yg di inginkan. “1 printing unit = 1 warna “. 

Delivery :
Bagian mesin yang gunanya sebagai pengantar kertas. Dibagian ini merupakan tempat hasil akhir dari cetakan, pada sheet press kertas disusun secara otomatis oleh mesin, sedang pada web press sebelum disusun kertas dipotong melalui pisau perforasi. Setelah kertas tercetak kertas akan jatuh dan langsung di tampung pada meja file delivery.
Ukuran kertas yang dapat di cetak pada mesin ryobi maksimal berukuran 92 cm x 62 cm dan minimal berukuran 40 cm x 29 cm, mesin cetak ryobi mempunyai kecepatan cetak hingga 13000 lembar/jam. Mesin cetak ryobi terdiri dari 4 silinder impression dan juga memiliki 4 silinder transfer yang saling berhubungan satu persatu dengan tiap unitnya. Pada setiap unit printing memiliki 17 roll penghantar, yaitu roll tinta dan air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar